Senin, 02 November 2015

Perhatikan Masa Depan Anak

PERHATIKAN MASA DEPAN ANAK

Anak merupakan anuhgerah dari Tuhan yang harus dijaga. Orang tua sebagai lingkungan pertama dan utama dimana anak berinteraksi sebagai lembaga pendidikan yang tertua, artinya disinilah dimulai suatu proses pendidikan. Sehingga orang tua berperan sebagai pendidik bagi anak-anaknya. Lingkungan keluarga juga dikatakan lingkungan yang paling utama, karena sebagian besar kehidupan anak di dalam keluarga, sehingga pendidikan yang paling banyak diterima anak adalah dalam keluarga. Menurut Hasbullah (1997), dalam tulisannya tentang dasar-dasar ilmu pendidikan, bahwa keluarga sebagai lembaga pendidikan memiliki beberapa fungsi yaitu fungsi dalam perkembangan kepribadian anak dan mendidik anak dirumah; fungsi keluarga/orang tua dalam mendukung pendidikan di sekolah.

Fungsi keluarga dalam pembentukan kepribadian dan mendidik anak di rumah:

  1. sebagai pengalaman pertama masa kanak-kanak
  2. menjamin kehidupan emosional anak
  3. menanamkan dasar pendidikan moral anak
  4. memberikan dasar pendidikan sosial
  5. meletakan dasar-dasar pendidikan agama
  6. bertanggung jawab dalam memotivasi dan mendorong keberhasilan anak
  7. memberikan kesempatan belajar dengan mengenalkan berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan yang berguna bagi kehidupan kelak sehingga ia mampu menjadi manusia dewasa yang mandiri.
  8. menjaga kesehatan anak sehingga ia dapat dengan nyaman menjalankan proses belajar yang utuh. 
  9. memberikan kebahagiaan dunia dan akhirat dengan memberikan pendidikan agama sebagai tujuan akhir manusia.

Fungsi keluarga/ orang tua dalam mendukung pendidikan anak di sekolah :

  1. orang tua bekerjasama dengan sekolah
  2. sikap anak terhadap sekolah sangat di pengaruhi oleh sikap orang tua terhadap sekolah, sehingga sangat dibutuhkan kepercayaan orang tua terhadap sekolah yang menggantikan tugasnya selama di ruang sekolah.
  3. orang tua harus memperhatikan sekolah anaknya, yaitu dengan memperhatikan pengalaman-pengalamannya dan menghargai segala usahanya.
  4. orang tua menunjukkan kerjasama dalam menyerahkan cara belajar di rumah, membuat pekerjaan rumah dan memotivasi dan membimbimbing anak dalam belajar.
  5. orang tua bekerjasama dengan guru untuk mengatasi kesulitan belajar anak
  6. orang tua bersama anak mempersiapkan jenjang pendidikan yang akan dimasuki dan mendampingi selama menjalani proses belajar di lembaga pendidikan.
Suramnya masa depan anak disebabkan karena kurangnya keterlibatan orang tua utuk menempatkan fungsinya sebagai orang tua. Untuk mewujudkan hal tersebut sebagai orang tua harus bisa menyempatkan waktunya buat keluarga tercinta agar dapat mengetahui apa persoalan yang dihadapi keluarga. Kesuksesan anak merupakan barometer keberhasilan orang tua dalam mendidik anak-anaknya. Ingat Orang Tua merupakan tempat bersandarnya anak-anak untuk bisa mewujudkan impian dan harapannya kedepan. 

1 komentar: