Minggu, 25 Oktober 2015

LEBIH MULIA MENILAI DIRI SENDIRI DARI PADA MENILAI ORANG LAIN

LEBIH MULIA MENILAI DIRI SENDIRI DARI PADA MENILAI ORANG LAIN.

          Di dalam kehidupan kita sehari-hari orang disekitar lingkungan kita  menjadi pusat perhatian bagi kita. Sebab ciri khas setiap manusia adalah hidup bersosial. Namun seiring dengan pergaulan juga kita sebagai manusia tentunya memiliki penilaian tersendiri dalam menentukan pilihan. Penilaian yang diberikan tentunya yang sejalan dengan kita misalnya ide-ide, tujuan, dan lain sebagainya. Ketika kita dihadapkan pada ranah kehidupan sosial disitu kita bisa melihat sifat dan karakter seseorang. Apa yang menjadi tuntutan kita tentunya tergantung kepada kita. Dan ketika tidak sejalan dengan apa yang kita harapkan maka kita merasa disingkirkan. 
Disinilah kita mulai mencari tahu sebab akibat yang terjadi. 
         
          Ironisnya ketika hal ini terjadi kita sulit untuk mengendalikan diri sehingga terjadi konflik yang berujung pada perkelahian. Hal seperti ini sangat disayangkan karena merugikan diri sendiri. Untuk menghindari ha ini kita harus mengambil langkah tepat agar tidak merugikan kedua belah pihak. Hanya 2 Indikator yang perlu diperhatikan untuk merubah hidup menjadi lebih baik. Indikator tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Menilai Diri. Menilai diri Merupakan sutau tindakan yang dilakukan untuk merefleksikan diri dalam menentukana segala kekurangan dan kelebihan yang dialami selama hidup dilingkungan masyarakat untuk mencapai tujuan yang lebih baik. Persoalan yang terjadi dilingkungan kita disebabkan karena kurangnya menilai diri  dan selalu mengutamakan kepentingan pribadi dibanding kepentingan orang lain.  Orang yang merasa dirinya hebat ujung-ujungna akan jatuh, tetapi orang yang menilai dirina tidak hebat suatu saat akan menjadi orang yang bisa menjadi panutan. Pada prinsipnya kalau mau hebat menilai diri merupakan langkah terbaik. Sebab dengan menilai diri berarti kecenderungan untuk menerima kebaikan akan semakin terbuka. Orang yang sering melakukan refleksi diri nampak dari setiap perbuatannya. Dan orang lain akan merasa segan pada dirinya. Hidup pun jarang dilanda masalah. 
  2. Menilai Orang. Menilai orang merupakan suatu tindakan yang dilakukan ole seseorang untuk meneropong setiap keunggulan dan kekurangan yang dimiliki setiap orang dilingkungan sekitarnya. Tindakan ini tentunya merusak citra diri kita. Semakin sering kita menilai buruk seseorang semakin sering pula kita menerima ganjaran atas perbuatan kita. Ketika kita menilai orang kita lupa apa yang seharusnya kita lakukan sehingga diri kita terbawa pada perilaku tersebut, maka imbasnya adalah kurang disukai oleh teman disekitar kita. 
Intinya adalah perbanyak menilai diri dan kurang menilai setiap orang. Sebab kesuksesan seseorang tergantung sejauh mana dia bisa menilai dirinya sendiri.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar