Rabu, 21 Oktober 2015

PESONA PULAU MENTAWAI

PESONA PULAU MENTAWAI

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terbentang dari sabang sampai merauke. Hal paling menarik yang tersimpan didalamnya adalah keindahan alamnya yang membuat negara ini terkenal. Salah satu kepulauan yang memiliki pesona alam yang begitu indah adalah kepulauan mentawai. Kepulauan Mentawai merupakan salah satu dari ribuan pulau yang ada di negara indonesia. Kepulauan ini terletak di sumatera barat yang dipisahkan oleh lautan. Kepulauan Mentawai terdiri dari Pulau Siberut , Pulau Sipora dan Pulau Sikakap. Pesona alam yang dimiliki Kepulauan ini membuat para touris mancanegara berbondong-bondong untuk menyaksikannya. banyak menyimpan rahasia dipulau ini yang membuat setiap orang penasaran. Ada pun pesona yang terdapat dipulau ini antara lain:

  1. Perairan. Perairan adalah suatu kumpulan massa air pada suatu wilayah tertentu, baik yang bersifat dinamis (bergerak atau mengalir) seperti laut dan sungai maupun statis (tergenang) seperti danau. Perairan ini dapat merupakan perairan tawar, payau, maupun asin (laut). Di Mentawai perairan merupakan salah satu akses transportasi masyarakat yang dilalui setiap saat. berbeda didaerah perkotaan akses transportasi melalui darat. Di Mentawai ini yang membuat salah satu keunikan. Tidak heran kalau di Mentawai setiap keluarga memiliki sampan paling kurang 2 buah/kepala keluarga.
  2. Laut. Seperti kita ketahui bahwa laut adalah kumpulan air asin dalam jumlah yang banyak dan luas yang menggenagi daratan atas benua atau pulau. Di Mentawai pesona laut menyimpan banyak kenangan yang tak terlupakan bagi orang yang pernah menikmatnya. Ada pun kekayaan yang dimiliki lautan Mentawai yaitu:

    • Terumbu Karang. Hampir semua orang sudah mengenal terumbu karang, tetapi hanya sebagian orang yang sudah menyaksikan langsung. Di Mentawai terumbu karang sangat mudah ditemukan. hampir semua pulau memiliki terumbu karang yang begitu mempesona. sehingga tidak heran ikan-ikan pun begitu banyak dilautan ini. dari sekian banyak terumbu karang di Mentawai, terumbu karang yang paling mempesona berada di pulauu siberut tepatnya labuan bajau. kesulitan untuk berkunjun ditempat ini adalah transportasi sangat sulit selain itu gelombang laut pun begitu besar sehingga membuat para pengunjung mendua hati untuk berkunjung ditempat ini.
    • Airnya yang bersih. lautan yang bersih tentunya akan memberikan suasana baru dan ketertarikan setiap orang. Di mentawai lautannya begitu bersih sehingga setiap pengunjung tidak segan-segan terjun kelaut untuk mandi. Tidak ada rasa takut atau pun kawatir utnuk mandi di tempat ini karena melihat air lautnya seperti melihat surga. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar